My War With Vitiligo

Mungkin ekstrim kali ya kalau dibilang “war” alias perang terhadap vitiligo. Tapi itu yang aku rasain ketika umur 17 tahun pas lihat mukaku ada bagian kulit yang warnanya beda dan tiap hari makin putih warnanya. Ditambah lagi letaknya di jidat! Jadi dari semenjak 11 tahun yang lalu, ini jidat aku tutupin pakai polem a.k.a poni lempar atau poring a.k.a poni miring. Walaupun aku usahain tutup-tutupin pakai poni, tetep aja yang namanya rambut suka seliweran enggak jelas.. jadi kadang orang suka nanya dengan berbagai macam pertanyaan yang predictable sampe unpredictable seperti ” jidat lo kok panuan sih?” Yaaa kaliiiiiii panuan di jidat…..-_-” atau “What’s that funny little thing here you have?” Sambil nunjuk vitiligo-nya.. dan aku harus jelasin lagi dan lagi. So, I’ve been living with vitiligo for 11 years and that pretty makes me sometimes down.. well most of the times. Ada saat dimana kenapa juga dari seluruh keluarga hanya aku seorang yang kedapetan vitiligo? Kenapa susah banget ngilangin vitiligo dan balikin ke warna semula? Terakhir yang paling sering jadi drama ” kenapa juga gw mesti punya vitiligo???” Marah, kesel, bete, stress….tapi semua enggak mengubah si vitiligo untuk ngilang dari hidup gw. Sampai pada akhirnya ke dr. Dani Juanda di cikini atas referensi teman, aku kesana untuk mengembalikan pigmen kulitku lagi. Semoga yang terakhir ini bisa nyembuhin, karena sebelumnya udah pernah pakai obat trs jemur di matahari lah, pakai penyinaran UV yang sebenernya ngefek tapi jadi nyebar juga vitiligonya, dan yang terakhir ini di suntik plus pakai salep putih 2x sehari pagi malam. Di suntiknya tepat di tempat vitiligo beberapa kali tergantung lebar vitiligonya. Tapi yang dari aku tangkep sebenernya yang paling penting itu pakai salepnya. Karena dokternya bilang suntik sebulan sekali saja, salep dipakai terus, dan memang pengobatan vitiligo itu lama..pake BANGET! Bayangin aja udah 11 tahun ada, lalu mau hasil instant? Please use your brain. So far, ada bagian yang mulai samar vitiligonya, ada yang muncul pigmen-nya dan salepnya lama banget habisnya, ini mungkin sudah 5-6 bulan pengobatan..lumayanlah ngirit. Tapi sekali suntik Rp. 350.000- Rp. 400.000. Jadi ya aku berharap saja ini jadi alternatif terakhir untuk bisa mengobati vitiligoku. Wish me luck! And patience.

4 comments

  1. Gw juga vitiligo. Kakak gw jg. Cuma dulu gw sama dokter gw di bandung, dikasih obat yang ngebakar kulit gt (delsoralen), sekarang dah susah bgt dicari. Tapi beberapa tahun ini gw bertahan dengan jangan stress (it actually promote vitiligo, in my case), dan ngga make make up yang neko-neko. Setelah 2-3 tahun ini pake deretan make up (pelembab and uv, jarang pake make up foundation dkk), ngga ada yang muncul lagi di muka. Di jari2 kaki sempet muncul lagi, tapi dia ngga nyebar sih. (*positive mind… positive mind… positive mind)

    1. Iyaa stress tuh ngaruh bgt ke vitiligo..Aku dulu juga pakai obat yg harus dijemur vitiligonya. Keep positive!

  2. Hi Mba Triasta,

    Aku enjoy baca blognya mba. Interest n useful, apalagi yg artikel viti ini. Aku mau nanya mba, apakah tarif 350 – 400K ke dr. Juanda tsb sudah termasuk jasa beliau atau cuma obat suntiknya. Duhhh…mahal amir ya mba. Aku mau berobat juga kalau memang menunjukkan penyembuhan yang berarti. Boleh sharing lagi kemajuan pengobatan mba akan si viti ini.

    Makasih ya mba🙂

    1. Hii, itu sudah termasuk jasa dokternya hehehe.. aku udah jarang ke sana, tp yang paling penting pakai obat olesnya aja.. kayanya tipe vitiligoku tipe yg klo diobatin jadi nyebar deh.. tp di beberapa tmpt ada yg muncul pigmen coklatnya haha. Ini terjadi di segala treatment yg aku jalani.. Jadi aku sudah berhenti treatment apapun.. Utk dokter Dani, dicoba aja dulu.. siapa tahu cocok di km. So far, Spot coklat yg muncul pas treatment di dr. Dani, ttp ada.. enggak menghilang.

Leave a Reply

