SA.HA.BAT

Malam itu terasa panjang, badanku mulai rontok dan pikiran sudah melayang entah ke nirwana mana.

Sandiwara sepanjang rel kereta terus berlangsung diantara mereka yang mencaci-maki dengan berbagai alasan klise terumbar dari kedua bibir lelaki dan wanita, dan Aku hanya duduk menemani sahabatku mendengarkan segala argumen yang terucap sebagai saksi semata. Masalah yang sama, argumen yang sama, dan lelaki yang sama.

Apa isi otak kedua insan ini? mereka yang dimabukkan oleh cinta. Kandas berjuang untuk bersama karena lelaki ini sudah beristri. Sudah ribuan kali ini terjadi, seperti malam-malam sebelumnya, ingin rasanya aku menutup telingaku dan pergi dari lingkaran ini. Tapi, tidak. Tidak dengan keadaan dimana sahabatku menangis, memelukku erat dengan nafas tersengal ketika mobilku melaju meninggalkan lelaki itu diam sendirian hanya menatap kami yang menjauh.

Mungkin 40 menit sudah berlalu, wanita ini dari menangis di dadaku beralih diam di pahaku.

Sejenak aku bertanya pada diri sendiri, Apakah kata-kataku akan terucap percuma lagi kali ini? Ingin rasanya aku melepaskan pelukannya di pahaku dan menamparnya keras. Hey, sadarlah sahabat!

Sungguh, seandainya perasaan bisa dihindari, kau takkan tersakiti seperti ini. Tapi dari sinilah aku belajar dua hal; Satu, bahwa kau tidak bisa memilih siapa yang akan kau temui dan jatuh hati. Beristri, bersuami, janda, duda, lajang, tua, atau pun muda. Semua bisa terjadi. Dua, meninggalkan adalah menyakitkan… dan menangis hanyalah ilusi sesaat karena semua akan berulang, baik sekarang maupun di masa mendatang.

Sekali lagi, kau tidak bisa memilih siapa yang akan kau temui dan jatuh hati … 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s