dr. Ernestine Cempaka Putih

Detail review ada di bawah semua kalau ga males baca. Ini adalah hasil dari hampir 3 bulan gw perawatan dengan dokter Ernestine, terhitung dari awal November 2012, sekarang tgl 11 Januari 2013.

Gw udah lumayan puas dengan hasilnya, karena komedo putih atau jerawat nasi yang kebanyakan orang bilang, semua udah musnah! well,,.not really…tapi dari 100%, 85% udah clear lah…jerawat gede sih masih ada beberapa.. dan bekas-bekas jerawat juga masih. Asal bener-bener rutin dan ga skip pemakaian obat, jerawat dan komedo pasti ga muncul..kalaupun muncul, kempesnya ga akan selama kalau ga pakai obat (yaiyaaalaa yaaa)…but seriously, so far..her creams, and gels works wonders on me! ngeletek-ngeletk juga masih tapi dikiiiiit banget, ga keliatan kok…i dont mind! gw cuma mikir, kalau ngeletek, berarti tandanya sel mati ganti jadi baru, dan item-item bekas jerawat akan ngilang….gitu aja.

So, i hope you’re satisfied with the review….good luck!

 

————-DETAIL REVIEW————–

Well…well…well…

Sekarang gw balik lagi dengan info dokter yang berbeda.. i can’t handle it!!!

Untuk dokter Rani Novian, final reviewnya akan gw update. Ganti dokter lagi hehehehe…emosi jiwa.

Dokter sekarang namanya dokter Ernestine, praktek di Cempaka putih tengah 2 no.5. Pertama kali gw kesana, 2 minggu lalu, alias tanggal 12 November 2012. Gw dateng jam 1 teng! Ada 1 orang yang nunggu sebelum gw, gw tanya deh tuh “ini ga ada nomer ya mba? dokternya mana?” dengan bloonnya ya gw duduk aja disebelah si mbak2 yang kayanya lagi PMS. Katanya dokternya lagi makan siang…gw tunggu2, akhirnya jam 1.30 baru keluar deh dokternya manggil pasien. Si mbaknya masuk, 1 menit kemudian keluar lagi,,.haha..batin gw cepet beneeerrr….

Akhirnya gw masuk,.

T: Siang Dok…*sambil duduk di kursi pasien*

E: Iya..*ngeliatin muka gw*

* AWKWARD MOMENT*

T: Gini dok, masalah saya jerawat dan alergi (gatel2), mau ngilangin jerawatnya.

E: *ngangguk, nunjuk ke tempat tidur*

Sejujurnya gw serem ketemu dokternya huhuhu…abis kaya galak gitu. Jadi ya gw nurut aja naik ke tempat tidur dengan lampu yang silau menusuk mata!

E: *ngeraba-raba muka gw* Hmmm,,ini kamu ga cocok nih sama krim yang kamu punya, jadinya kesumbat semua pori2nya, susah ini ngilanginnya.

huaaaaa….jangan bilang susah donggg!! krn gw panik gw mulai deh tuh nanya2..

T: Hah? emang susah ya dok? krim apa ya?? saya ga pake krim, tapi pake foundation sih, lalu bersihin pake susu pembersih, apa susu pembersihnya itu??

E: Bisa dari pelembab, foundation, kamu berminyak soalnya kulitnya, jadi kalau mau pakai bedak yang tabur aja * Eyak! udah 3 dokter yang ngomong gini ke gw tapi masih bandel aja pake liquid foundation,,haha*. Emang kamu kalau tangannya kotor, lalu cuci tangan pake susu pembersih?! * he? kok cuci tangan pake susu pembersih?emang dasar gw lemot, gw lama dulu jawabnya*

T: Ooooh,, mksdnya jadi tambah berminyak gitu ya dok??

E: Nah, iya! itu kamu udah masuk logic-nya.

*Kembali ke tempat duduk*

E: Ini saya keringin dulu ya muka kamu, kamu terakhir cuci muka jam berapa tadi?

T : Jam 8.

E : *ngeluarin 1 botol astringent, 1 botol sabun cuci muka, 1 obat kocok, 1 plastik isi 10 butir obat minum* Sebelum cuci muka, kamu bersihin muka pakai toner ini, lalu bilas pakai air baru cuci muka. Dilakukan 3x sehari. Kalau pagi, kamu pakai obat kocoknya ini tipis kaya gini *moles obatnya ditangan gw*, kalau malem tebelin, seperti ini. Obatnya kamu minum sehari 1x tiap malem. Nanti 2 minggu lagi kamu balik ke saya.

-soal alergi skip aja ya, enggak penting-

E: Totalnya Rp.330.000.

Yah, mulai lah gw ritual toner-cuci muka-obat kocok tiap hari, pagi-malem. Gw skip siangnya, soalnya muka gw kaya keriiiiing banget…dan 2-3 hari pake ritual itu, tiap bersihin obat kocoknya pakai toner, perih banget…intinya perih dan kering deh! Kalau dibandingin sama perihnya dokter Rani, kayanya sama deh. Tapi bedanya sama rani, pas ngolesin obat kocoknya, (yang gw asumi isinya salicylic acid juga seperti toner dicampur sama belerang) itu perih banget dan kalau kita kipas-kipas, lama-lama  perihnya ilang, cuma sebentar gitu. Kalau rani kan kayanya perih terus tuh.

Kayanya hari ke 3-4 muka udah mulai ngeletek-ngeletek, tapi ngeleteknya yang kering..jadi kalau kita tarik pun ga bisa..beda sama rani kalau kita keletek kulit yang lainnya jadi ngikut gitu kan..nah kalau ini enggak..plus minggu ke-2 jadi kaya sunburn gitu muka gw, akhirnya gw google kalau belerang & salicylic acid itu efek sampingnya apa. Belerang selain ngobatin jerawat melawan bakteri, dia juga bikin kulit kering, sedangkan kalau salicylic acid akan bikin kulit seperti kebakar, lalu mengering dan akan rontok dengan sendirinya dalam 4-5 hari. Eh tapi bener loh, setelah minggu ke-2 itu..muka gw kaya ada lapisan kerak2 karena tonernya ini, dan lama-lama dia rontok sendiri pas kita bersihin pakai toner. Jadi alhasil keliatan juga sih ngeleteknya, yang paling serius ngeleteknya di bagian dagu dan sekitar mulut / pipi depan gitu, sama hidung. Sisanya tipis banget ngeleteknya, ga keliatan.

Untuk jerawatnya, karena gw minum obat malem, pagi pasti mulut dan kerongkongan jadi kering rasanya. Dan muka juga jadi sama sekali ga berminyak setelah cuci muka dan sampai siang hari gw cuci muka minyaknya jg normal aja. Jerawat juga mulai kering, dan komedo putih yang dia bilang susah banget ngilanginnya itu berkurang dikit…jerawat batu yang disuntik jg udah mulai kempes dan karena proses ngeleteknya itu, bekas-bekas jerawat jadi agak memudar..walaupun masih banyak banget dan masih kelihatan. Namanya juga baru 2 minggu. Emangnya mie instant, 5 menit jadi?! Tapi dalam 2 minggu, ada juga jerawat batu nongol sekitar 3 biji, dan whiteheads yang ada di pelipis susah banget ga ilang-ilang.. dan dibagian sekitar mulut dan pipi depan, ada beberapa whiteheads yang berformasi.

Senin 26 November 2012, kembalilah gw ke sana. Jam 1.30 siang. Sepi!

Gw ga banyak ngomong pertemuan ke-2 ini, gw kasih kartu pasien, dan langsung disuruh tiduran. Nengok ke kiri, dokternya mulai nelusurin wajah gw…dan mulai beroperasi dengan ngambil kapas, dan mencetin jerawat gw tanpa peringatan! Haaaah….dia pake alat yang untuk neken whiteheads biar keluar dan yang paling bikin gw shock, pakai alat yang kayanya ngebakar kulit gw supaya kebuka dan bisa diambil whiteheadsnya, kaya pake setruman…dan ini sakit banget! gw sampe nangiiiiisss…well, ngeluarin air mata sih. Setelah itu disuntik, sampe disuntik pun ga berasa apa-apa. Intinya setelah semua kelar, gw duduk dong di tempat tidur, kepala gw langsung pusing karena nahan sakit dan mata gw basah karena gw nangis, akhirnya gw duduk di kursi depan meja dia, sambil ngaca..bener-bener bonyok muka gw..bengep. Lalu dia jelasin :

E : Ini saya kasih salep, ada salep pagi dan salep malem. Untuk malem diselang-seling, sehari pakai obat kocok, sehari pakai salep malem ini dan di double sama ini (salep yang di pot kecil). Semua masih ada kan yah obat-obat kamu? kalau udah habis, balik ke saya lagi ya.

T: Lalu, ntar malam pake yang mana?

E: Obat kocok. Total Rp. 270.000.

Titik. Keluarlah dari ruang dokter, JRENG! pasien yang ngantri banyak bener, dan gw keluar dengan muka kaya abis diperkosa…hahaha.

Ini hari pertama gw pakai salep pagi, bentuknya gel dan ringan banget pas dipakai…glides on so easily, a little goes a long way. Sekarang muka agak berminyak hanya di bagian hidung, sekarang jam 5 sore. Mungkin kalau yang kasar-kasar karena kulit matinya belum lepas semua, muka pasti halus banget..karena jidat gw aluuuuuss….nah kalau udah alus gitu, biasanya gw kesenengan dan gw pegang terus…dan akhirnya jadi muncul jerawat,,hahaha jangan dilakuin yaaaahhh!!

2 minggu lagi gw review lagi…

2 minggu kemudian :

Sekarang udah 1 bulan gw ritual dengan semua obat dari dr. Ernestine. So far…gimana yah…

Sebenernya, gw masih kurang puas, karena bekas jerawat gw susah banget ilangnya, dan giliran yang 1 hilang, yang lainnya muncul..plus whiteheads (komedo putih) jadi kaya agak menyebar ke bagian rahang gitu, walaupun yang di tulang pipi udah berkurang..tapi yang dibagian pelipis masih banyak. Emang sih, gw ga begitu rutin pakai krim-krimnya, kadang suka ketiduran, dan jam-nya untuk cuci muka pagi, kadang kesiangan / kelamaan pake krimnya..

Udah 3-4 hari belakangan gw enggak pakai obat malem, haha..anehnya komedo-komedo hitam, jadi gampang banget dikeluarin..tadinya susaaaah banget krn ga mau keluar! Dibagian hidung buanyak dan kasar banget deh! skrg muyuuus dan aluuuusss…ya karena gw extract (pencet2/keluarin) juga sih. Di bagian muka yang lain juga jadi gampang ngeluarin komedo-komedonya…tapi ya emang jadi scar sih alias polkadot gitu muka..zzzz.

FAKTA : Kulit tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki akan berganti dengan kulit baru setiap 3 minggu.

Jadi kalau mau bener-bener muluuuuuusss banget warna kulitnya, ya tunggu aja 6 bulan…baru pudar banget deh tuh yang polkadot. Atau kalau mau lebih cepet lagi, ya chemical peeling setiap 2 minggu sekali..Bekas-bekas jerawatnya jadi cepet hilangnya.

Untuk timbul jerawat atau ga sejak pemakaian: Jerawat timbul jadi jarang, tapi karena gw suka megang-megang muka, dan pakai make-up, jadi jerawat suka muncul.. tapi jarang sih…paling 1-3 biji..ngilangnya normal…tapi kalau jerawat batu, ya mayan lama ilangnya.

Untuk kecerahan wajah : Wajah gw engga jadi cerah kaya dulu pakai dr. Rani sih…tapi ga kusam juga..normal lah…dan ga belang sama leher! Gw enggak ada masalah sih,. gw eggak nyari kecerahan wajah tapi jerawat yang terkontrol!

Pengelupasan : Huhmm,,selama 2 minggu belakang, emang masih ngelupas sih kulitnya, terutama bagian dagu dan sekitar mulut… emang gw research kalau daerah situ lebih gampang/cepet untuk ngeletek…tapi ya gw biarin aja, kadang gw pakein lotion non-comedogenic tipis-tipis..biar kaleman dikit kulitnya.

Kehalusan : Bagian-bagian wajah yang enggak ada jerawat, asli halus banget! loving it…semoga lama-lama seluruh muka kaya gitu deh.

Bulan depan gw review lagi…

89 comments

  1. aku baru mau ke dr. ernestine sist,, lagi cari2 info ttg dokter ernestine itu.. dua minggu lagi kabari ya sist gmn… teman aku yang kesana sih hasilnya bagus n cocok..

    1. Oh yaa? hmm,, bekas-bekas ku masih banyak banget nih..dan komedo putih masih juga, komedo hitam malah jadi makin banyak, apalagi dihidung,..ga ngerti deh ini kenapa…tapi bagian yang ga ada jerawatnya,,kaya rahan jidat gitu aluuuuusssss….yaahhh belom aja kali yah, pelan-pelan. Nanti 2 minggu lagi aku update.

      1. sisss…kalo boleh info coba deh kamu ke Dr.LIZ depan rumah sakit Husada,Mangga Besar. Karna aku ngalamin sendiri disana ampuh bangett,,dan hampir beberapa temen dan sodara aku recomendasiin kesana . dan ternyaata..taraa…cocok bangettt dan waktu sebulan muka aku mulus lagi (sebelumnya jerawat gede2 dan memerah gitu).. KAlo diliat dr temen ku yg di DR.Ernestine dia rutin perawatan kok begitu2 aja yaa,maksudnya ga begitu ada perubahan bangett… Ohiyaa..di Dr.LIZ itu gak bikin ketergantungan… aku udah coba sendiri… ^^ Semoga bermanfaat^^

  2. Hai Neng… salam kenal. gw jg pasien barunya dr. Ernestine. Pertama gw kesana awal november, dan yg kedua kemaren hari sabtu 1 Desember 2012. Same like u, pertama ke dr. Ernerstine, jerawatku gede2 banget di pipi kiri dan kanan. Sama dokternya aq ditawarin 2 alternatif obat minum atau disuntik. karena lg program utk hamil. Jadinya pas kunjungan pertama, jerawatku disuntik (kurang lebih 10 suntikan), trus aq dikasi Obat jerawat kocok, toner (warna orange) dan facial wash. That’s all, totalnya 250an. 1 minggu berikutnya udah mulai keliatan hasilnya, jerawat udah mulai kempes, kulit wajah ngelupas2 tapi gak dasyat dan gak terlalu perih. So far cocok dengan dr Ernestine ini. Sampe kemaren gw balik ke dia, sesuai janjinya dia mau mencetin jerawat2 itu. Proses penyiksaan itu sama persis yg kayak loe alamin. Dipencet2 jerawatnya, disetrum gt (ada bau2 angusnya) trus disuntik. setelah itu aq dikasi obat jerawat kocok lagi, toner, facial wash dan satu tambahan yaitu krim pagi (tube, bentuknya gel warna bening). Ini hari kedua pake gel itu, muka rasanya udah mulai ketarik2, tp gak pedih.

    Semoga kita cocok ya neng….soalnya udah nyoba dr. Rani, Natasha, LBC gak ada yg cocok malah tambah ancur ni muka. Wish we luck🙂

    1. Hey hey.. :)Salam kenal. Iya kaaan hahaha sama deh nasib kita, sekarang udah mulusan…jerawat yang gede yah adalah tinggal 3-4 biji, dan yang paling penting jerawat2 kecil-kecil yang susah dikeluarin itu, sekarang much better,ngilang malah,,hahaha jauh bgt sama dulu yang udah beranak pinak. Semoga sukses yah!!! i really think this doctor works on me!🙂 and it is worth the price…

    1. Hey Neni…aku udah pakai perawatan dr. Ernestine selama 2-3 bulan..bikin putih kinclong sih engga…tapi jerawat bener-bener ke-handle…selama kulitku bersih bebas jerawat, aku udah puas… walaupun putih juga ngarepin sih,hahaha…

  3. Haloo aku jg pasien dr. ernestine dari 2011 dan terakhir ke sana td siang krn ada 1 jerawat tp skrg udh kempes krn abis disuntik :p
    Duka2 yg dirasain di awal konsultasi sama lah sm kalian hehe.
    Yg paling aku suka dari dr. ini krn obatnya ga bikin addict, Aku sering bgt ga pake obatnya lamaa tp muka tetep mulus. Biasanya pake lg kalo udh mulai nongol 1 jerawat, kalo ga sabar paling lgsg cuss ke sana minta disuntik. Kalo ga salah sih setahun biasanya 3x check sm dr.nya sekalian beli obat. Irit kaan? Pkknya ga nyiksa lah sm nih dr, hasilnya tetep memuaskan wlwpun aku suka bandel pake bb cream setiap hari (sbnrnya sih ga boleh sm dr.)

    1. hahaha emang ya booo,,,kalau ga pake bb cream atau foundation untuk moles muka ni tangan gatel jadi gatel bener. Aku jg skrg ga pakai facial wash dia, dan muka ok2 ajaa… hehehe..udah adaptasi sama facial wash sekarang. Jauh banget siihhh tempatnya, tapi pgn balik lagi sih kesana, soalnya udah cocok bangetttt..hehehehe…

  4. Setujuuu.. Gue jg cocok bgt nih sama ni dokter.. Baru 1 bulan pemakaian udh keliatan. Sblmnya gue pk natasha dan cm 6 bulanan krn jdnya kulit bruntusan plus komedoan parah.. Akhirnya perawatan di dr ernestine dan hasilnya memuaskaann!!

    Emg dr nya rada galak ya. Sama lah kaya pengalaman kamu, kalo mau ngapa2in muka kita ga pernah bilang2 tau2 udh di congkel2 aja wkwkwkkw

    Btw, sukses ya perawatannya. Smg makin kinclong

    1. Hahaha iya tiba-tiba udah digali aja muka kitaa,,huhuhu. Tapi sekarang udah muyuuusss tinggal bekas-bekasnya ajaa..dirimu juga sukses yaaa..

  5. haii,,salam kenal
    iihh,,,,,jdi pengen deh ke dr itu,so emang lgi nyari2 nih,
    emang jerawat da bikin ga nyaman dan uda dikomplain jga ma anak
    planing si bulan depan mo bergabung,doain ya smga cocok

    1. Hi hiii….iyaaa bener ngefek kok sama dokter ini..tapi ya mesti sabar juga yahhh,,,hehehehe…. aku tinggal ngilangin bekas-bekasnya aja..jerawat nongol paling 1-3 biji…good luck!!🙂

  6. Mba,ak jg pasienny dr ernestine..skrg dikasih obat kocok,gel bening dan facial wash. Nah,berhubung cuma facial wash aku yg habis.mau tanya dong,itu facial washny yg di atas itu merkny apa ya?glikoderm bukan ya? Terus,kteranganny apa ya? Facial wash aku udh luntur labelny dan skrg mau cari facial washny di apotik terdekat.terima kasih.

    1. Iyaa namanya glikoderm…emang ada ya di apotik gitu? kyanya cuma dia yang jual deh. Aku sekarang malah pake ponds, hahaha…dan baik2 aja.

  7. Hi there! Wow ceritanya detail ya, aku kaya baca novel😀 btw aku juga lagi cari-cari dokter untuk perawatan ni, jerawat sih ngga banyak cuman ada bintik2 kecil pipi dan sedikit, kalo jerawat yang beneran ada sih tapi ga sering juga, cuman mukaku kusam yah, mau cari dokter yang bisa ngilangin jerawat tapi juga mencerahkan. Nah kalo Dr.Ernestine ini begitu gak ya? Atau cuman spesialis jerawat aja? Pengen mukanya mulus dan gak kusam but with reasonable price, since everyone said dr. ernestine bagus tapi aku butuh kepastian haha thanks🙂

    1. Hi Nina.. aku belom pernah coba tanya sih yah ke dia untuk cerahin bisa apa ga. Karena main concern aku pas kesana untuk ngilangin jerawat, dan sejauh yang aku tahu dari research, kalau untuk ngilangin jerawat, ga bisa/ ga boleh pakai pemutih/pencerah, karena bisa jadi iritasi. So far untuk mencerahkan sih, biasa aja..cuma halus dan flek-flek jerawat mulai hilang. Untuk mencerahkan, lebih baik langsung minta ke dokternya aja pas kamu konsul..pasti dia punya cream pencerah wajah juga pastinya..let me know😉

  8. haaai.. mo nanya dong beb klo dokter yg buat cerahin muka dimana ?? dr. rani itu dmn?? klo dr. ernest kyny buat yg berjerawat gt y??.. klo muka ak siy ga bermasalah sm jerawat cm kering sm kusan aja.. tengkyuuu

    1. dr.Rani di radio dalam 1, kebayoran baru. Kalau mau instant, sama Rani. Ernerstine untuk cerahin wajah aku belum pernah nanya, tapi yang namanya dermatolog pasti ngerti kaya gitu2..

  9. Mbak, aku pasien barunya dokter ernestine, gara2 baca reviu yg byk rekomendasikan doi, sblmnya aku pasien dokter dewi inong tp berhubung utk ktm dokteri nong hrs antri dr pagi yg berarti hr ijin seharian dr kntr, jd jrg bgt kesana. Keluhan jerawat gede2 (selama di dokter inong baik2 aja, gak muncul jerawat), dtglah ke dokter ernest. Begitu sampe, diperiksa trus disuntik jerawatnya. trus dksh toner+facial wash, cairan utk jerawat punggung, cairan utk mlm, gel pagi (krn ktnya aku gak bs pake cream, msh tetap berminyak).
    skrg stlh 2 minggu pemakaian, jerawat mlh byk muncul gede2.. hiks. kulit jd kering pecah2 (sampe dikomen tmn)..kalian seperti ini jg gak sih? trus aku hrs terusin pemakaian atau balik ke dokter lg ya? Btw obat2nya dokter ernest sdh default utk semua kasus ya, gak pake diracik dl? pdhl kondisi kult tiap org kan beda.. mnrt kalian gmn tuh?

    1. Dari pemakaian produk2 dokter lama ke dokter baru (Ernestine) kamu kasih jarak 1-3 bulan engga? harus dikasih jeda biar netral dulu. Iya carian untuk malam yg pink itu bikin kulit kering banget-bangetan awal pemakaian..kering kasar, komedo jadi banyak + susah dikeluarin karena kulit engga lembab sebab engga ada minyak. Terusin aja dulu, kalau ga ada perkembangan atau makin parah selama 3 bulan dengan ritual rutin, it think you better stop.

  10. Hai hai ^^ Aku baru abis googling pengen cari dokter kulit yang bagus, soalnya ini jerawat makin ga kekontrol. Sebelumnya ga pernah ke dokter kulit sih karena takut ketagihan n harus balik2 lagi, tapi setelah liat review tentang dr Ernestine jadi pengen kesitu, hehehe..
    Mau tanya dong dr. Ernestine kalo hari sabtu or minggu buka ga yah? Bukanya jam berapa? Mohon infonya yah Gals😀
    Makasih ^^

    1. Jadwal prakteknya mulai jam 10 pagi-mlm. Tiap hr kecuali minggu n hr libur. Tp klo sabtu rame, lbh baik hr kerja.. Pas istirahat atau plg krj.
      Sampai skrg aku msh rutin pake produknya, terakhir kontrol sebulan lalu krn mnt obat minum utk konsumsi sebulan (gak bs srg2 kontrol). Sejuah ini utk jerawat di wajah berkurang bgt, dan klo abis cuci muka tuh rasanya halus bgt. Jerawat timbul satu-dua aja. Tp problem jerawat di dada n punggung nih yg blm beres. Mgkn krn aku stres..
      Utk pic before n after, gak ada sis, gak smpt poto kondisi sblmnya, gak PD bgt. Oh iya, akui sdh tny. Soal facial n chemical peeling, kt dokter gak blh, krn krim pasca facial/peeling akan membuat kulit jd berminyak lg.
      Btw, kt beberapa tmn, wajahku jd lbh cerah jg.

  11. hai tadi gw baru pertama kali ke dokter ernestine sama kaya kalian di kasih toner, facial wash sm obt cair pink, gel putih sm buat minumnya mudah-mudahan aja cocok cz udah kemana2 gada yg cocok wktu pake di natasya beruntusan sm komedo makin banyak iaudah aku berentiin aja, skrng aku mw nyoba dr. ernestine tu juga aku di kasih tau sm kk nya pacar aku dulu dia jerawatn bnyk bgt trs skrng dia udah mulus bgt gada jerawat lg, mudah-mudahn aja jerawat aku juga ilang

  12. Dear all

    saya dulu sempet ke dokter ernest,, tapi baru2 ini ngeuadahin untuk chek up krna sering bgt terjadi pengelupasan. pengelupasan bisa sampe 2 hari sekalii. nah ,, setelah berenti sung timbul sisa kulit kering di idung+pojok2 bibir dan pipi itu bikin gatel bgtt . nah,, apa dokter ernest itu ketergantungan yah ?

    1. Iya memang bikin ngelupas, tapi ga parah kok ngelupasnya… sisa kulit kering itu akan hilang kalau udah seminggu ga pakai obat dia.. gatel karena kulitnya kering, kering itu bikin gatel.

  13. aku jg prnh mengelupas parah, kadang tiap 2 minggu. kt dokter ernest, hentikan penggunaan toner kalo mengelupas gt.. cukup pake facial wash aja.
    tp skrg gak prnh mengelupas lg sih…

  14. hai mau tanya dong, sekarang kalau pertama kali datang ke dokter ernest dengan kondisi muka jerawatan tapi ga parah2 banget kira2 bayarnya berapa ya? mungkin ada yang bisa kasih kisaran harganya. thanks all

  15. Huf gw capek deeeh ngiler dokter sana sini cari yg terbaik dikulitku blm ada,skrg lg pke natasha kluar jerawat kecil2 tp ga begitu parah,ud pd abis sih cream n pmbersihnya..,nyokap ku prnah ke ernest tuh tp ga dipake sm dia katanya ga mempan,mnurut kalian gw pindah ke ernest apa lanjutin dinatasha??zzzzz galao

    1. Dear Hilda, kalau udah cocok sama yang satu, jangan pindah2 lagi🙂. Kalau jerawatnya ga begitu parah, tetep aja pakai yang sekarang juga… karena kulit butuh penyesuaian nanti malah mjadi lebih parah. Good luck, jangan galau ^_^

  16. Hyyy.. Lam knal sblum’a.. Aq trtarik bgt ma tulisan qm.. Cz aq jg berobat ke dr ernes,, udh semnggu nch..
    Aq dksh obat pagi ma mlem n sbun cuci muka.. Pagi’a kyk gel,, n malem’a kyk obat kocok gt..
    Tp ko aq gg ad proses pengelupasan y.. Tlg saran’a.. Mksh

    1. Hi Wulan, emang untuk dr.Ernestine dia ga begitu ngelupas… jadi prosesnya emang agak lama.. sabar yahhh..🙂 yang penting jerawat ga nambah.

  17. Hai there. dulu banget aku sempet ke ernestine pas aku smp, and it works sih pertama kali dateng dan habisin obat muka nya, jerawat aku jd lumayan kering dan hilang.. dulu jerawat aku parah banget sampe kata orang bsa main film setan-setan an di TV karena bener bener bener bener bener hancur lebur… tp dlu ga sampe di suntik sama doi, tp di facial aja…
    Aku mau nanya sis triasta, kamu make up juga kan? aku sih ga pake foundation, aku cuma pake bb cream.. kira2 masalah gak kalo sembari pake obat muka nya? atau ga boleh sama sekali pake make up? untuk kulit aku sekarang sih jerawat ga gitu parah cuma kayak biang keringet gitu di jidat… reply ya thankss🙂

    1. Hi Chinta, iya aku make-up juga.. tapi disarankan enggak pakai yang liquid foundation karena aku paling sensitive pakai itu, sekali pakai langsung block pori-pori. Jadi aku pakai yang versi loose powder tapi foundation. Kamu coba aja pakai BB cream, kalau emang selama seminggu pakai enggak muncul jerawatnya, berarti it’s okay. Dan yang paling penting, selalu bersihin make-up nya sebelum tidur ya.. jangan di bawa tiduuuur.. heheheh. Good luck ^_^.

  18. kak mau tanya, aku kan udah ganti ganti skin care tapi jerawatnya masih banyak banget -.- sampe sekarang masih pake cream dari dokter yang lama, kalo misalkan aku langsung berobat ke dokter ernestein terus dikasih cream, boleh langsung pake ngga ? atau harus ada jeda waktu ?

    1. Heyyy Olivia, menurut aku lebih baik kamu kasih jeda dulu yah.. seminggu lah minimal, karena sisa obat sebelumnya masih nyerep, takutnya kontraindikasi lagi.. sabar dulu yah..🙂

  19. Sis triasta dulu kulitnya kaya kebakar gtu smpe brp lama? Aku udh 3mggu lebih tp gak ilang2 merahnya 😭 ngelupas parah gak slesai2 😭

  20. agree with u hehe, aku baru 5 hr pake dr ernestine karna review ini karna udah hopeless ga cocok sm dokter di kawijaya, diomelin sm dokternya karna sering facial dan banyak komedo. pantangannya ga boleh pake bb cream,foundation, facial, dan cream2an lainnya. it works, dr yang hampir seluruh muka brendel2 karna bruntusan komedo eh skg udh rontok gt. obat kocoknya the best! btw boleh dtg cuma beli obatnya ga ya mbak triasta? atau bisa dikirim gt ga sih obatnya

  21. hi sis.. mau tanya.. dr.ernestine itu patokannya di cempaka putih deket apa ya?
    kebetulan aku lagi cari dokter kulit yang buka hari sabtu, tapi ragu2 takut ga cocok.
    mau ke dokter yang di RS cma buka senin-jumat soalnya.. minta info ya sis, thankss🙂

    1. Aaahh maaf aku lupa patokannya, tapi yang aku ingat itu dari cempaka putih, setelah halte ke kiri, lalu nanti ketemu pom bensin ada di kanan, nah sebelum pom bensin belok kanan deh kayanya belokannya. Tapi maaf yah kalau salah.. udah lama banget ga kesana.

  22. Hyyy.. aq mw nnya dnk.. qm msh nerus ke dr ernest??. Aq udh jln mw 3bln pengobatan ke dia.. emnk jrwt jd jrg timbul.. tp ko bekas ny ssh ilank y.. pliiss bgi sran ny y

  23. Halo, mau tanya dung sis aq lagi bgung jg mau cari2 dokter kulit karena jerawat lagi gede dan muka merah, kayanya ga cocok sama dokter rudi suhendra..dulu pakai dokter rudi suhendra cocok, sekarang sering muncul2 jerawatnya dan gede juga..
    Saya juga hanya mau ilangin aja nih jerawat2, sama kasusnya kaya kamu sis triasta mau konsen ke jerawat aja..
    liat2 komen disini dan lagi cari dokter yang dket rumah kayanya ok juga dr ernestine ini, kalo pemakaian awal dr ernestine jerawat2 jadi pada keluar semua ga?dan muka jadi pada merah2 ga?
    Please infonya ya sis..kalo boleh minta pin bbnya dung sis..
    Thx be4

    1. Hey Eunike, aku sudah tulis kalau pertama pasti dipencet2 sama si dokter untuk jerawat yang kecil2 atau yang mendem. Lalu untuk yang besar, di suntik. Jadi muka pasti bakal merah-merah, lalu yang merah jadi coklat seperti bekas jerawat, nanti seiring waktu ya bakal hilang, tapi lama hilangnya hehehe..

  24. oow,,tapi awal mula pake obatnya, jerawat keluar semua ga?karena ada beberapa obat dr dokter awal pemakaian mengeluarkan jerwat semua dan selama perawatan muka jadi merah..disini gitu ga ya sis?
    trus setelah kamu pake obatnya jerwat uda jarang muncul ya?
    Thank’s

    1. Hello Eunike, sorry baru sempet bales sekarang. Untuk dr. Ernestine sih ga keluar yah jerawatnya.. malah jadi kering, karena dipencetin. Muka ga jadi merah kaya kepiting rebus.. tapi bekas yang dipencetin aja yang merah.

      1. Hallo triasta..aki baru td siang coba ke dr ernestine..muka lg ancur bgt jerawat kecil2 hampir di semua pipi kanan kiri…4 bln lalu pake natasha..ttus pindah ke dr made…sedih bgt stress muka penuh jerawat gini..aku mau tanya sslep gel yg buat pagi buat seluruh muka kan ya?nah obat jerawat kocok yg wrna pink buat malem dipake tebel itu buat bagian jerawatnya aja atau seluruh muka ya???krna kata dokternya pake kaya maskeran..thx before

      2. Hi Widi, semua sesuai anjuran dokter ya.. aku disuruhnya di bagian yang ada jerawatnya untuk obat kocoknya. Maskeran mksdnya dia mungkin kaya pake masker kali yahhh putih2 cemong gitu…hehehe.

  25. Sis,, Dr Ernestine ni bener2 recommended kan ya? Q pnya maslah dengan jerawat nih. Padahal udah ke klinik kecantikan juga, pke krim2 dan ritual2 itu juga. Trus udah didukung ama obat-obat herbal. Tp masih belum ilang2 ni jerawat. Trus, ada sodara rekomendasiin Dr Ernestine ini. Kira2 efek sampingnya gmna? Trus, budgetnya brp ya? Hehehe…

    1. Hi Diana, untuk budget dan efek samping semua sudah ditulis yah di blog.. semua dokter cocok-cocokan di pasien masing-masing..jd tergantung kulit kamu cocok di pengobatan yang mana.

  26. mau nanya donk.. ak baru ke ernest,, klo krim malem yang didobel sama krim pot kecil emang bkin kulit merah gituu ya?? mukaku kya kepiting rebuss skrg.. jd ngeri.. terusin ga yaa

    1. Hi Vira, iya memang bikin merah dan nanti ngeletek…pakainya tipis kan ?..dan reaksi kulit tiap orang memang berbeda, sabar yah..

  27. hai sissy Triasta.. sampe sekarang masih pake cream dr. Ernestine ga? Info pleasee.. Muka aku sekarang lagi jerawatan soalnya sis.. thx alot

      1. owh.. hehhee.. klo bole tau kenapa sis pindah dokter waktu itu? sekarang kondisi mukanya gmn yah? udah mendingan sis? tengkiuu yahh say

      2. Kmrn pindah krn kejauhan tmptnya, plus enggak suka dipakein alat yang buat bakar jerawat.. Sekarang kondisi muka udah bersih, tinggal bekas aja siiss…

    1. So far cocok hehe,iya susah bgt dan lamaaa.. sama dr. Grace wardhana aku sih cocoknya sm dia yahh.. coba cek jadwal aja di website erha kpn dia praktek.

  28. Hai ka . Ini baru hari ketiga aku pake produk dokter ernestine . Aku dpt salep malam selang seling sama spray kocok buat pagi , yang jd masalahtuh ngeleteknya parah (menurutku) . Jd agak malu gitu diaangka temen kerak air liur 😁
    Nah pertanyaannya . Boleh gaksih ngeleteknya itu kita cabutin ???

    1. Hi Resti, hihi emang gatel bgt ya pengen cabutin ngeleteknya.. Hanya, kalau kita cabut-cabutin, kulit yang harusnya belum waktunya lepas, jd ikut terlepas malah jd luka baru.. Dan bisa menyebabkan hiperpigmentasi. Bisa belang-belang nantinya. Jadi kamu sabar aja yahh.. Sebentar lagi mulus kok 😊.

Leave a Reply

