Dr. Rani Novian Untuk Jerawat

Seperti yang sudah-sudah, usaha perjalanan gw untuk ngilangin jerawat selalu ga ada akhirnya..Makanya sekarang gw post artikel lagi/ bisa dibilang review untuk memuluskan wajah dengan dokter baru (atau lama, karena gw pernah ke dia sebelumnya, tapi tengah jalan berhenti). Gw akan bahas dari hari pertama, apa yang gw pakai dan apa yang gw rasain di pagi, siang, malam selama gw pakai obat-obat tersebut. Kok kata obat terkesan serem yaaaa…krim-krim deh. Seiring berjalannya proses, gw juga foto wajah dari hari sebelum pakai krim-nya, lalu selama pakai krim, sampai nanti pada akhirnya mudah2an gw memperlihatkan muka gw yang tiap hari mulus..photos will be in every week, not everyday..capek juga kan kalau tiap hari di foto, ga bgitu keliatan perubahannya.. Yukkk mareeee….

Pernah gak sih ngerasa dimana wajah udah mulus, lalu besokannya tiba-tiba muncul koloni jerawat-jerawat beserta pasukannya alias komedo putih dan hitam, nangkring di pipi atau jidat atau hidung? dan ada masanya tiap hari, bangun tidur dan sebelum tidur, kita ngeliatin muka sambil ngaca dan berharap ini jerawat hilang besok harinya, tapi tanpa sadar rutinitas kita selalu berulang sampai 3 bulan kemudian, dan jerawat masih aja datang dan pergi..belum lagi ninggalin bekas yang bisa berbulan-bulan hilangnya. Karena bekas-bekas jerawat lama hilangnya dan kalau berbekas warnanya ada yang dari coklat muda, atau merah-merah, dan sampe hitam…Alhasil make-up makin tebel buat nutupin/nyamarin bekas-bekas.  Pilihan gw cuma 2 :

1. Pakai make-up untuk nutupin jerawat, dan biasanya besokannya jerawat baru, muncul lagi

ATAU

2. Tanpa make-up, muka udah kaya kentang, buluk banget penuh jerawat dan bekasnya yang bener-bener bikin MALES ngeliatnya.

Pilihan gw jatuh pada nomor 1. Karena gw ga mungkin keluar rumah tanpa make-up dan ketemu orang yang biasanya akan nanya ke gw ” LAH, kok lo jadi jerawatan sih sekarang!?” bahkan ada yang ngomong tanpa mikir “Ya ampun kok muka lo jadi parah gitu sih?”…kadang minta ditabok emang hahaaha, tapi ya gw diem aja mikir “Wah berarti emang dulu muka gw ga separah ini atau jerawatan”. Tapi sepositif apapun pikiran gw, batin gw ancur *gilaaak hahaa dangdut banget deh!* rontok sedalem-dalemnya dan gerogotin kepercayaan diri gw. Kalian ngerasa gitu juga ga sih? apa cuma gw doang yang lebay? hahaha.

Balik lagi ke option 1. NAH, karena pemakaian concealer/ foundation makin menjadilah jerawat bermunculan, dan begitulah siklus setan yang berputar. 

Akhirnya setelah pengalaman gw dulu di dokter Rani, gw dateng lagi ke dia minggu lalu…dan baru sempet pakai krimnya seminggu kemudian alias kemarin.

Dulu pas muka gw masih perawan, jaman gw awal kuliah 7 tahun lalu, gw ga tau kalau muka gw bakal dibuat jadi merah, ngeletek2 kaya uler, dan perih udah kaya disiram pake air aki tiap pakai astringent. Dan kalau kegaruk, jadi berbekas. Gw ngerasa kasian sama muka gw. Jadi sebulan atau setelah berapa minggu gw pake dr. rani, akhirnya gw memutuskan untuk berhenti..lalu gw ganti dokter dengan krim yang bener2 mild,, setelah itu mulusss lus luuussss (gw baru tau setelah pakai krim dokter ini, katanya dulu dokter tsb partneran sama dr.rani) ,, tapi gw sekarang mikir, dulu itu mulus bisa jadi karena udah tahap ngeletek2 tetek bengek, jadi kulit lama diganti jadi kulit baru, lalu di rawat dengan krim yang ringan, makanya jadi mulus. Mungkin seandainya gw lanjutin proses ngeletek dan tetep pakai krim RM, jadi mulus juga..*sok2 mikir positif*..

—–

Last week at the Doctor (my previous post on female daily):

(Senin) sore-sore jam 5 gw ke dr.Rani,gw pikir udah tutup pendaftarannya, akhirnya dpt no.34 dan nunggu 2-3jam. Pas nama gw dipanggil, masuklah gw menghadap si dokter. First impression, ‘tampangnya capek banget ni dokter’ tapi kalau kata orang-orang muka dia ga mulus, pas gw perhatiin mulus aja tuh! Dia langsung nanya keluhannya apa (jerawat), dan langsung dijelasin konsep proses pengeletekan dan kepiting rebus. Intinya 6 minggu pertama, masa si itik buruk rupa..lalu dalam 3 bulan udah mulai mulus. 7 tahun lalu gw pernah ke dia juga, dan karena gw gak tau prosesnya sampe segitunya, jadi 1 bulan setelah pake obat, gw stop,takut. Tapi abis itu muluuuusss luss luss..tp muka ancur jerawatan lagi karena sering ngelenong mulu. Gw dapet RM 2:1 (RN sama RM itu beda apa sama?), facial wash sensiderm dia nawarin mau batang atau cair,gw pilih cair. Astringent botol tinggi. Mediklin. Sunblock oil free. Acne feldin krn gw bilang dada sama punggung jg bermasalah, ntar pake itu ilang katanya. Lalu diresepin accutane. Smua obat ud gw tebus kecuali accutane,masih mikir mau minum. Total: 130(konsul)+220(kecuali accutane)=350ribu. Accutane bisa 220rb untuk 2 strip(20 biji) katanya.

Oia, suster sama dokternya gak galak atau jutek kok, baik banget.. Padahal gw aktif nanya mulu, drpd salah- salah muka ancur. Si dokter malah curhat sring ke LN dan megang artis, ga peduli juga sih, yang penting muka gw muluuusss..dan dia juga nawarin mau ngilangin jerawatnya aja atau mau mulusin juga. Dengan semangat : 22nya dong dok! Jadiii,,wish me luck!!

—–

Jadi, sampailah kita pada hari ini…

1st day : 20 April 2012

Pagi hari jam 8 pagi : Gw cuci muka (masih dengan sabun dokter gw yang lama), lalu gw keringin dan pakai astringent (dokter lama juga), dan setelah astringent menyerap, gw totol pakai mediklin..setelah bener-bener kering, pakai sunblock oil free yang warna pink butek itu tipis-tipis ke seluruh muka. Gw suka sunblock-nya, ringan banget, ga kerasa tebel!

Jam 12 atau siang-siang gitu, muka gw kaya rada gatel dibagian jidat, tapi ga segatel kaya digigit nyamuk. Tapi setelah itu ga kenapa-kenapa, biasa aja.

Malam jam 9 : Cuci muka (gw ngerasa muka gw alus) dan pakai astringent, lalu pakai krim RM 2:1, gw pakai tipis2 aja, ga seperti yang dianjurkan harus sepanjang odol sikat gigi lalu dibagi 3 (sekitar 2 cm). Tapi tahap pemakaiannya tetep seperti yang diajarin, yang 3 tahap itu..jam 10 malem gw ngerasa muka gw minyakan banget apalagi bagian jidat sama hidung, gilak ladang minyak banget.. gw biarin aja ga dipakein kertas minyak atau apapun.

2nd Day : 21 April 2012

Pagi: Gw cek muka pas bangun pagi, jerawat gw mulai jadi ‘mateng’, keajaiban mediklin dan krim-nya gw rasa. Jerawat gak gw apa-apain. Setelah gw cuci muka, gw liat dibagian hidung bawah, komedo gw keluar 3-4 biji, di pipi deket hidung juga keluar cuma 1 biji, dan pas gw keluarin kaya gampang banget,,hahaha. Sounds gross, eh? hihihi. Lalu gw pakein astringent, dan mediklin, dan sunblock. Sore-sore gitu, muka udah mulai kerasa ketarik dikit, bagian cuping hidung mulai kerasa gatel, gatel biasanya karena kering. Muka ga begitu berminyak, tapi kok keliatan mengkilap ya? huhmmm…mungkin karena mediklin, karena cuma dibagian tsb yang kalau kena cahaya, ngehighlight sendiri. Beberapa jerawat makin mateng, tapi belum dalam tahap final.

Malam: Wajah sangat berminyak sebelum cuci muka, dan setelah pakai krim. Pakai acne feldin lotion untuk bagian dada, bau belerang (ga begitu nyengat sih, cuma tetep aja baunya gak enak.), dan rasanya dingiiiinnn..gw coba balurin pakai kapas, males bikin tangan gw bau belerang..hahah,,tapi kayanya mending langsung pakai tangan deh, lebih efektif, secara obatnya malah jadi nyerep ke kapasnya,, :(

3rd Day : 22 April 2012

Pagi: Wajah sedikit perih pas pakai astringent. Komedo hitam mulai nongol di bagian hidung.d Sekitar pinggir bibir dan bagian bawah hidung mulai ngelupas kecil tipis-tipis. Muka mulai bersemu merah, kalau ketawa tambah merah, merahnya ga heboh, cuma kaya lagi malu..alias blushing. Jerawat baru yang tadinya ga begitu keliatan jadi agak meradang dan menuju proses pematangan. Wajah terasa berminyak (karena sunblock-nya deh sepertinya) dan sedikit panas kalau di ruang tanpa AC.

Malam: GARGH!!! perih banget pakai astringent di bagian yang bawah bibir sama bawah hidung. Plus di bagian jerawat yang gw pencet *haha bandeeel*. Bagian pipi depan udah tampak makin merah..huhhm. Karena sekitar bibir kering banget, untuk mangap lebar gitu sakit ketarik..jadi saran gw, pakailah pelembab bibir… Akhirnya gw pakai Acne Feldin pakai tangan, lebih cepet ga buang-buang kapas dan produk juga, gw pakai di bagian dada dan punggung, sebenernya jerawat di punggung cuma 1-2 biji,,tapi gw balurin aja semua, sekalian untuk mencegah timbul jerawat baru.

4th Day : 23 April 2012

Pagi: Wajah bagian dagu, bawah hidung, jembatan hidung dan hidung lebih keliatan ngeleteknya, dan bagian pipi depan udah mulai ngeletek tipis2..Apa lagi setelah pakai sunblock, bener-bener keliatan…2-3  jam setelah pakai sunblock, wajah mulai berminyak, kulit yang mengelupas jadi ga begitu kelihatan lagi ngelupas. Merah di bagian pipi gak semerah semalem..normal lagi, kaya blushing.

Malam: Pas gw mandi dan basuh wajah, tiba2 gw ngerasa muka gw kaya dakian,,pas gw liat, ternyata kulit-kulit gw  ngelupas banyak banget!! antara seneng karena akhirnya kulit mati keangkat dan serem karena ngelupasnya gak nyantai banget..pakai astringent makin perih, dan pas pakai krim juga perih.

Baru 3 hari pakai Acne Feldin, belum ada perubahan apapun.

5th Day : 24 April 2012

Pagi: Jam 5  gw bangun karena harus pergi, setelah ritual, gw pakai liquid foundation..sengaja pakai sunblocknya agak banyakan, biar kulit yang ngelupas ga begitu keliatan, karena pagi ini pengelupasannya cukup heboh, sampe daerah alis dan pipi. Jerawat ada yang numbuh 3 biji,,bibir untuk mangap sakit!

Siang: Gw bersihin make-up pakai make-up remover cloth dan bioderma sensibio, damn perih gilak!! secara semua kulit jadi ikut keangkat. Apalagi pas pakai toner (astringent)). Lalu gw lanjutin pakai mediklin dan sunblock lagi.

Malam: Ritual biasa, muka pas pakai toner, bukan perih lagi tapi PEDIH!

6th Day : 25 April 2012

Pagi: Pakai toner, ga ada perih-perihnya,, dikit sih..Jerawat mulai kering, dan mukapun ikut kering semua, sampai kalau ngomong muka kebuka dikit doang..pengelupasan dibawah hidung, alis dan dahi makin heboh Tapi bagian wajah lainnya, ga begitu mengelupas…dan warna kulit gw jadi ga rata,,belang-belang. Bekas jerawat mulai memudar sedikit.

Malam: Berhubung astringent dari dokter gw yang lama udah abis, jadi malem ini gw pakai yang dari dokter rani. DAMN! perih bangett ngettt ngettt,,,dan perihnya lingers!! gak langsung ilang walaupun udah dikipas-kipasin mukanya.. :( jerawat nambah 1 biji..kecil.

7th Day : 26 April 2012

Review 1 minggu: TEPAT 1 MINGGU sudah! Bekas-bekas jerawat yang ada di pipi sebelah kanan mulai terlihat pudar sedikit,,beberapa jerawat emang muncul, tapi 2-3 hari setelah muncul, jadi kering dan akhirnya ngeletek. Walaupun bekas hitamnya masih ada. Semakin hari, proses pengelupasan makin heboh, seperti hari ini, muka gw kering banget, dan kulit-kulitnya rontok,,dan bergelantungan..jelek banget deh pokoknya. Gw saranin jangan pakai baju gelap atau hitam, karena tanpa sadar, kulit berjatuhan ke baju dan kesannya jadi ketombean,,hihihi. Muka gak begitu terlihat merah sih, ada masanya muka agak merah kalau cuaca lagi panas/kepanasan, atau kelamaan diluar ruangan. Untuk paket dokter rani ini, menurut gw terbilang cepet ya prosesnya, karena dalam 1 minggu, bekas jerawat gw udah mulai pudar dan muka terlihat sedikit cerah..yang jelas, gw gak mau muka gw terlalu putih palsu atau pucet kaya mayat, sejauh ini sih gak begitu. Tapi wajah gw jadi belang-belang, ga rata. Ada yang terang, ada yang gelap..tapi namanya juga proses, semoga semua akhirnya akan rata. Gw ngerasa puas, kecuali proses perih, pengelupasan, dan hari ke hari semakin kering. Review selanjutnya tunggu minggu depan yaaa..

————

5th May 2012

2 minggu semenjak gw pakai dr.Rani, gw ngerasa bekas jerawat sudah mulai berkurang, walaupun beberapa jerawat bermunculan karena belakangan gw suka ketiduran gak pakai krim malam, dan sering pakai foundation..Pembersihan setelah pakai foundation, adalah moment dimana muka udah kaya ditabokin, karena periiiiiiiihhh banget, mau pake susu pembersih kek, mau pakai make-up remover tissue, etc…semua perih!

Foto yang gw ambil tgl 4 kemarin, tanpa foundation, HANYA eye make-up karena gw lagi bikin video tutorial.  Inilah perbandingan sebelum pakai dr.Rani (no eye make-up) dan setelah 2 minggu pakai (with eye make-up/baju garis-garis):

                                  ** Review will be updated Weekly from now!! **

32 comments

  1. Setelah browsing2 byk juga yg rekomendasiin dr rani nih..sebenernya saya pgn perawatan ngilangin flek bekas jerawatnya aja n perawatan krn kulit kusam..tp dr rani itu hanya praktek di jkt ya?soalnya saya domisili di bdg..semoga berhasil pengobatannya n wajah segera mulus kembali yaaa..semangattt..

    1. Makasih! :) Untuk pertama kali harus dateng dulu ke dokternya. Lalu 2 minggu kemudian dateng lagi untuk liat progress-nya gimana, nah, seterusnya ya beli krim2 ajaa…heheheh.

    1. Aku udah sebulan ga pakai Dr. Rani,,hihi. Tapi pengen pake lagi sih! emang keliatan banget bikin kulit cerah jadi berseri gitu, tapi karena aku sering pakai make-up..jadi malah tambah jerawatan :(…harusnya ga boleh pakai foundation.
      Dalam progress 3 bulan jerawat berkurang, tapi kadang muncul,, tapi yang paling bandel itu bekas2 jerawatnya itu loooh..jadi ya harus sabar banget..ga bisa instant. Emang sih pake sunblock dan krim malemnya bikin ngeletek2 haha..yahh harus cuek2 ajaah,,klo ditanya tuh muka kenapa ngeletek2 kaya uler, yah bilang aja lagi perawatan biar cantik! :P

  2. oooh gituw yah…aku juga rencananya klo udah ilang jerawatnya ga mau diterusin lagi, soalnya denger2 ga bagus ketergantungan obt dokter….hihihi..di foto dong mba wajah terkininya:)

    jadi intinya meski udh sebulan ga pake dr. Rani serangan fajar jerawat ga keluar yah mba? aku takutnya kyk dokter2 sebelumnya berenti pakai, eh jerawat malah demo, haizzzz…skrg sih aku masih make krim dokter dan udh lama pakai cuma orang2 bilang mukaku jadi tambah merah, terus komedo tetep aja ada, jerawat2 sih ga sampe parah2 banget, pernah sempet berhenti sebulan abis itu tuing tuing bermunculan lah dia, akhirnya pake lagi dah…cuma koq skrg ini ga efek yah kyknya pake tetep aja keluar tuh jerawat dan komedo >,< maaf yah mba jadi curhat T_T…pengen gitu kyk orang2 muka mulusss^^…aku sih ga suka pake make up, tiap hari jarang pakai bedak juga:)

    bener2 lagi neguhin hati ke dr. Rani, takut sama prosesnya itu loh, jangan sampai parah banget dah, klo parah gimana ngantor, huhuhu… berapa lama mba merah+pengelupasan??

    skrg jadinya mba triasta ga pakai apa2 untuk kulit mukanya??

    ditunggu balesannya yah…makasih banget atas sharingnya bantu sangat^^

    Anita

    1. Sebenernya belom ilang banget sih jerawatnya, ini jerawat emang muncul lagi karena :
      1. Kmrn aku nikahan, jadi pake makeup tebel2 gilak….
      2. Makan kacang 1 plastik, jadi beranak deh jerawatnya,,, :(

      Sekarang aku ga pakai apa2, cuma pakai clean & clear deep pore cleanser ajaa…karena komedo juga akan tetep muncul kalau pakai krim dan tidak di-scrub. Sedangkan kalau kita lagi perawatan dokter, kan ga boleh pakai scrub gitu…makanya aku berhenti deh pakai semua obatnya. Biar komedonya ilang dulu, dan ngasih jarak buat kulitnya supaya sembuh dengan sendirinya. Lumayan sih, skrng lagi proses ngilangin bekasnya.
      Kalau km ga pakai bedak atau apa2, ya justru lebih cepet sih sm dokter rani,,asal telaten yah.
      1 hal lagi…kalau sekarang lagi pakai obat dokter, dan mau pakai dokter lain (dr. rani), dikasih jarak yah sekitar 1 bulan…jadi biar istilahnya netral dulu dari obat yang sebelumnya.

      Selama pakai obatnya merah dan ngelupas,,hihihihi tapi ngelupasnya ya bervariasi, biasanya 2-3 minggu pertama yang heboh, selanjutnya sih tipis2/kecil2…

  3. waaah makasih banget yah mba repiu nya…hehehe, akhirnya saya bulatkan tekad deh bulan depan kesana, wish me luck…iya aku juga skrg pake clean n cleaser deep pore apple itu, lumayan berasa sih abis cumuk agak licinan….ntar klo bulan depan aku dah kesana tak comment2 lagi deh disini hasilnya semoga ga parah2 amat, hihihi ga apa kan mba…

  4. Mau tanya dunk, obat Accutane nya diminum gak akhirnya…? soalnya aku juga dapet resep Accutane tapi masih mikir2 buat minum obatnya karena efek dari obat tersebut….

  5. Di kota aq ada lho dokter specialis kulit yg handal namanya dr.buchari,pake creamnya jerawatku ga nonggol2 lg,aq pake 2bulan aja n skrg udah ga pk lg dan jerawatku udh ga nonggol2 lg…selain cream juga di suntik jg,alhamdulillah hasilnya memuaskan dan jerawat sirnah sudah..xixiixix biayanya jg cuma 400rban sm konsultasi 100rb,Nb.cremnya ga buat muka ngelupas n perih lho:-)

    1. Hello Ayu, di kota apa tuh? dr. Buchari, kok ga nongol yah namanya di google. Sejauh ini udah kepegang sih masalahku, hehe. Thanks for the info!

  6. Haloo Triasta, review-mu mantabbb skaliiiiii ;)
    Mau nanya2 boleh yahhhh  . Aku pasien dr.rani tahun 2010 awal.. Dulu aku request ke dia: ‘dok aku pengen mukaku “clear”, bebas jerawat, cling lahhh.. Tapi gak usah mutihin kulit yak’. FYI, kulit aku sawo matang cenderung gelap dan jerawat ketika itu kecil2 sih (jerawatan kalo lg mens). Sama dia dikasih OBAGI 2:1, toner merah, sabun sama sunblock oil free.

    Setelah itu aku berhenti, karena mau nikah n program hamildun.

    Nah, aku kan mau ke dr rani lagi.. Tapi aku pengen langsung ke apoteknya alias gak konsul dia lagi.

    Pertanyaannya: bedanya RM sama obagi itu apa yah? Apa si RM ada whiteningnya? Kok harganya beda jauh yah, dua kali lipat?. Kalo RM memutihkan.. Kira2 over gak ya memutihkannya? Dulu aku pake obagi 2:1 perihhh bokkk.. Ngeletek2.. Tp memang gak memutihkan, mukaku kelihatan mulus dan clear. Kalo RM gak memutihkan aku mau pakai itu aja hehehe..

    Minta saran masukan dan infonya yahhh..

    Thanks ya 

    1. Makasih neng! Kalau ga detail ntar banyak yang bingung…hehe. Obagi untuk jerawat aja, ga memutihkan. Kalau RM memutihkan…dan ngeletek2 juga kaya review diatas. Pemakaian 2 -4 minggu pertama ngeletek parah, dan sekaligus langsung keliatan mencerahkan/memutihkan, jadi keliatan seger bersemu gitu…tapi jadinya belang sama leher+muka jadi rada puffy, mungkin karena ada steroid-nya.

  7. Haiii.. Nanya donk…
    Aku pke rani udh hampir 2bln.. Tp dr awal dtg aku dikasih Rm 2:1.. Emank sih kempes to timbul lg.. Trus konsul brikutnya dikasih Rm 3:1 trus.. Ttp ga brubahh. . Pdhl udh melewati proses ngeletek” .

    Konsuk ke 3 aku dikasih mlm nya pke vitacyd.. Itu perihh klo mlm.. Dokternya ngasih itu krn aku ga mau minum obat sm ga mau disuntik..

    Ada yg tau gaa vitacyd ituu apa?

    1. Vitacid cream ya? itu untuk jerawat juga,biasanya jadi keluar jerawatnya sebelum nantinya jadi mulus. Tapi kalau udah dikombinasikan sama RM 3:1 harusnya sih jadi cepet kering jerawat2nya.

    1. Udah lama ga pake sih karena aku ga suka bau belerangnya…tapi kayanya dulu ga begitu ngefek deh, jadi kering sih, tapi muncul di tempat lain. Sekarang udah bersih tapi bukan karena pakai Acne feldin, hilang sendiri.

    1. Selama pake dr. Rani aku purging terus, tapi lama-lama berkurang, tapi muka jadi puffy..kurang lebih 3-4 bulan purgingnya..lalu tinggal bekas.

      1. sekarang masih pake gak ka? terus sekali konsul + krim2nya itu berapa? maaf nanya-nanya terus :)

  8. Sis mau tanya ,ak pk dr rani pas lht blog km ini 6 bln yg lalu,jd ak pk rani udh 6 bln, ak 1x consul disuruh bluelight,trs dksh resepnta cm clerasul,salep jrwt,mediklin,gak diksh krim,nah 2mggu stlh nya ak balik gak lgsg konsul tp lgsg ke apotik ,kt tmn ak ,ak lgsg aja tebus krim rm 5:1 itu utk jrwt full isinya. Alhmdllh brkurang jauh jrwt lalu 3 bln trs paki 5:1,muka mmg bersih tp ga pna pts dr jrwt meski ga byk,mati 1 tumbuh 2,gt2 ajaslama 6bln ini. itu baru deh trun ke 4:1 dan 3:1 tapi ko jrwt muali2 byk lg ya? Thx klw mw jwb hehe

    1. Hello, Aku enggak pernah sih nyobain blue light. Sejauh yang aku tahu, kulit akan muncul jerawat lagi kalau kombinasi antara bahan yang untuk pengelupasan dan obat yang buat ngobatin jerawatnya enggak sesuai. Jadi harus pelan-pelan diobatin dulu, baru proses pengelupasan. Karena pengelupasan bikin iritasi, dan kadang malah jadi bikin timbul jerawat. Saranku, untuk krim yang dipakai, sebaiknya konsul sebelum beli langsung..karena dengan begitu, dokternya bisa bertanggung jawab.

  9. Hai Triasta,

    Gw lagi depresi bgt nih sampe google tentang perawatan Dr. Rani Novian, dan menemukan blog lo ini. Gw baru mulai perawatan sejak 5 Des ini sih. Awalnya jerawat gw kan cm 1-2 di pipi kanan kiri & jidat, eh masa sekitar seminggu setelah perawatan malah muncul banyak jerawat kecil2 di jidat, dan beberapa yg gede di pipi & dagu. Sebel bgt deh, knp ya? Apa ini tanda ga cocok dengan produknya?

    Pas konsul kedua, dia nawarin utk facial, blue LED, & minum obat rawkutan (aduh gatau spelling-nya), tapi gw tolak krn ga mau ngerasain sakit & takut efek samping obatnya. Lo udh coba obat itu & blue LED?

    Duuuh gmn dong muka gw makin jelek justru setelah perawatan. Butuh mental support nih :(

    1. Jangan depresi dong Mutti :(. Iya itu roaccutane, kamu harus banyak minum air putih karena bikin seluruh badan kamu kering. Untuk roaccutane aku lagi minum, butuh proses sih yah.. tapi sekarang udah ga di Rani lagi. Tunggu 3 bulan yah…kulit lagi penyesuaian. Kalau masih enggak ada perkembangan dan perubahan, lebih baik stop.

  10. mau tanya dong ka tri , awal kita kan konsult dengan DR rani apa kedua kalinya kita konsult lagi atau langsung beli aja cream nya ? awal konsult mahal banget sumpah apa kedua kalinya mahal lagi ? aku liat orang orang cuma 3 ratusan aja ko aku delapan ratusan gitu yah

    1. Biasanya yang ke-2 lebih murah yahh… Tiap kesana, aku selalu konsul..sampai akhirnya nanti dokternya akan bilang, “kalau obatnya sudah habis konsul lagi ya ” Atau “Terus dipake aja obatnya, enggak usah konsul lagi”.

      1. Permisi kaa :) mau nanya nih? Saya kan cowo muka saya jerawatan usia saya masih 18.. kalo ke dokter rani bisa ga? Apa khusus cewe doang? Total biayaa pengeluarannya berapa? Makasih ka:)

      2. Hi Rizqi, dokter Rani bisa aja kok untuk cowo.. Total pengeluaran tergantung kasus kamu butuh obat berapa banyak dan ada tindakan atau enggak. kurang lebih 500rb atau bisa lebih.

  11. Hai kak tria salam kenal ya…. Kak efek dri pemakaian creamnya jerwat emank keluar ya?? Dri konsul pertama jerawat ku keluar parah , jerawat batu n lama” jdi ad nanahnya dan meradang numpuk” di sekitaran pipi bwah ampe dagu,, setelah 2 minggu konsul pertama aq balik ke Dr.Rani lagi dgn wajah yg penuh jerawat, dan beliau bilg gpp dikash cream Rm 3:1 bwt malm, paginya ttp mediklin n sunblock plus antibiotik bwt minum 2x sehari. Sempet down loh karna jerawat nya gak berkurang , ini lah jerwat ku yg paling parah huhuhuhu malu bgt rasanya n bwt tambah stress …

    1. Hi Indah, aku juga sempet gitu selama pakai…kayanya sih cocok-cocokan yah untuk krim. Jangan stress yah.. makin stress makin keluar deh jerawatnya. Aku sekarang pakai erha, tapi langsung ke Dokter yang di brawijaya woman and hospital.. dan muka aku udah clear.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s